Karakter dan Kategori Fluida

Bagikan:

Haiii…..anak teknik sipil, sudah tahu karakter dan kategori fluida?kamu kudu kenalan nih sama yang namanya “FLUIDA

Apa sih Fluida itu?

Yuk kita bahas…

Karakter dan kategori fluida perlu dipahami sebelum melakukan analisis. Fluida secara sederhana dapat dikatakan sebagai zat cair yang memiliki partikel yang mudah bergerak, sehingga dapat mengalir dengan bebas mengikuti suatu ruang yang membatasinya. Fluida ini sendiri terbentuk atas zat cair dan zat gas yang keduanya tidak memberikan gaya perlawanan terhadap perubahan bentuk jika mengalami gaya geser maupun tekanan.

Contoh Sederhana dari fluida adalah Fluida zat cair bisa berupa air yang selalu kita konsumsi, minyak,  oli dan lainnya. Sedangkan untuk fluida zat gas berupa udara, gas nitrogen dan lainnya.

Karakter dan kategori  fluida sangat membantu kalian dalam mengenali lebih lanjut mengenai fluida. Mari baca penjelasannya..


Karakter Fluida

Karakter dari fluida adalah karakter dari kedua zat (cair dan gas), yang keduanya memiliki beberapa persamaan karakter, seperti :

  • Bentuk
    Bentuk berubah-ubah sesuai dengan perlakuan, keduanya tidak ada perlawanan terhadap perubahan bentuk, dapat menyesuaikan diri terhadap ruang yang membatasinya.
  • Gerakan partikel
    Bebas, sehingga lebih mudah berurai
  • Penyusun Partikel
    Rengang dan kurang teratur

Nah yang membedakannya adalah:

  • Volume
    Pada zat cair Volume tetap  walaupun bentuknya berubah-ubah, sedangkan pada zat gas volumenya tidak tetap ,dapat berubah-ubah begitu pula dengan bentuknya.
  • Kemampatan
    Pada zat cair yang merupakan zat yang paling praktis yang tak termampatkan, sedangkan zat gas merupakan zat yang dapat dimampatka
  • Muka Air Bebas
    Zat cair memiliki muka air bebas, dan massa zatnya akan mengisi volume yang diperlukan saja pada suatu ruang, sedangkan pada zat gas tidak memliki muka air bebas maka massa akan mengisi seluruh ruang.

Leave a Comment

error: Ayo kembangkan literasimu dengan parafrase :)