Tumpuan Struktur dan Jenisnya

Bagikan:

Tumpuan atau sering juga disebut perletakan struktur merupakan benda atau material yang digunakan untuk menahan elemen struktur diatasnya. Pada gedung, pondasi merupakan tumpuan bagi elemen struktur kolom. Kolom menjadi tumpuan bagi balok dan seterusnya. Namun, sebenarnya dalam analisis struktur ada beberapa jenis tumpuan yang memiliki reaksi dan perilaku saat beban bekerja. Reaksi dan perilaku tersebut berkaitan dengan kemampuan tumpuan dalam menahan pergerakan struktur pada arah horizontal, vertikal serta rotasi akibat momen. Momen menyebabkan benda mengalami rotasi pada sumbu memanjang elemen.

Perhatikan ilustrasi (1) di bawah. Papan kayu kita letakkan diatas dua bola karet sebagai tumpuannya. Jika kita mendorong kayu pada arah horizontal, bola akan berputar dan papan kayu akan bergerak searah gaya. Jika kita tekan papan kayu (gaya vertikal) di tengah bentangnya, maka kayu akan ikut turun akibat bola karet yang elastis. Selain itu, kayu akan melendut (melengkung). Terjadi rotasi pada kedua tepi dari sumbu memanjangnya. Ini mengindikasikan bahwa bola karet tidak memberikan reaksi apapun saat beban bekerja. Baik itu reaksi terhadap gaya horizontal, vertikal, maupun momen.

reaksi tumpuan

Reaksi Tumpuan

Sekarang perhatikan ilustrasi (2). Papan kayu diletakkan pada dua balok kayu dan kita paku di kedua tepinya. Ketika kita berikan dorongan horizontal, papan kayu tidak ikut bergerak. Saat kita tekan papan di tengah bentang (gaya vertikal), papan tersebut tidak ikut turun. Selain itu, pada kedua tepi papan tidak mengalami rotasi. Ini berarti tumpuan model ini memberikan reaksi pada arah horizontal, vertikal serta momen.

Peristiwa papan kayu dan tumpuannya merepresentasikan struktur yang sebenarnya ketika gaya-gaya bekerja. Jenis material dan model sambungan menyebabkan perilaku struktur diatasnya berbeda-beda. Saat kita merancang suatu konstruksi, kita harus mempertimbangkan bagaimana perilaku struktur nantinya ketika beban bekerja. Perlu diingat, pada saat pelaksanaan kita juga harus menerapkan agar tumpuannya bisa berperilaku seperti yang kita rencanakan sebelumnya. Bayangkan jika kita merancang papan kayu yang tidak kita izinkan bergerak dan berotasi saat digunakan, namun saat pelaksanaan tumpuan yang dipasang adalah bola karet. Berikut beberapa jenis tumpuan yang paling sering diterapkan pada struktur.

Leave a Comment

error: Ayo kembangkan literasimu dengan parafrase :)